Kesengsem Lasem

#KesengsemLasem sudah lama beredar dan bikin kepo. Ya sudah sering lihat foto dan video tentang Lasem.
Ada harmoni dalam keseharian di masyarakay Lasem. Sungguh nyata toleransi beragama yang terjadi di Lasem.

Akhirnya hari ini menjejakan kaki di Lasem yang sering disebut sebagai Little Tiongkok ini. Rasuna Creative Center yang mengantarkan ke Lasem ini.

Lasem Am kaming…….

Akhirnya saya benar benar kesengsem Lasem, walaupun belum dua puluh empat menjejak kaki. Pesona Lasem dengan kehidupan bermasyarakat yang sangat berbeda dengan kota kota lain.

Kesengsem Lasem
Bersama Pak Samtio di Museum Oncall

Sungguh perjalanan kali ini sangat sarat dengan hikmah. Banyak yang bisa saya ambil pelajaran dari Lasem. Pak Samtio (76) walau usaha Batik keluarganya sudah bangkrut, namun beliau tetap ingin bisa bermanfaat bagi yang lain. Beliau tetap semangat menularkan oengetahuan tentang Batik kepada para pengunjung. Walaupun bangkrut tetap memberikan pengetahuan tentang perdagangan batik di Lasem dari A sampai Z. Tetap semangat Pak Samtio…….
Saya sudah berbuat apa? Itu pertanyaan yang menyeruak dalam hati saya ini. Apa yang bisa saya kerjakan untuk bangsa ini. Semoga dari perjalanan ini saya bisa lebih baik lagi untuk bisa berbagi dengan sesama. Untuk berbagi tidak perlu hebat, yang dibutuhkan kemauan untuk berbagi.

Sampaikan walau satu ayat

Rembang, 4 Maret 2017

Kang Dudi

Leave a Reply

