Pedestrian Yang Layak

Photo : Dudi Iskandar

Sebagai sebuah kota Metropolitan yang sangat komplek permasalahan yang ada, kemacetan kota, moda tranportasi umum, dan masih banyak problema kota yang harus diselesaikan bersama antara pemerintah dan masyarakat. 

Berbagai infrastruktur yang menunjang aktivitas sebuah kota sangat dibutuhkan sekali oleh masyarakat. Transportasi yang nyaman untuk aktivitas warga, serta kondisi yang baik. Jika kondisi moda transpormasi umum ini nyaman, secara tidak langsung para pengguna kendaraan pribadi akan beralih secara perlahan dan ini akan mengurai salah satu problema kemacetan.  

Sering mendengar ketika orang Indonesia berada di luar negeri kemana mana selalu menggunakan tranportasi umum dan berjalan kaki. Berjalan kaki satu atau dua blok menjadi biasa dijalankan, namun berbeda sekali dengan di dalam negeri kemana mana menggunakan kendaraan pribadi.

Photo : Ety B
Menjadi sebuah pertanyaan besar bagi saya hal ini, apa karena kondisi kendaraan umum di sana sangat nyaman serta infrastruktur untuk para pedestrian yang enak atau ada hal lain. Membudayakan jalan kaki sebuah ide sederhana, namun perlu di dukung oleh semua elemen negeri ini. Pemerintah menyiapkan infrastruktur bagi pedestrian, masyarakat menggunakan dengan bertanggungjawab tanpa merusak infrastruktur yang sudah di bangun.

Menurut saya banyak sekali manfaat dari jalur pedestrian ini jika sangat baik. Masyarakat akan lebih banyak menggunakan kendaraan umum dan jalan kaki. Artinya akan mengurangi kepadatan di jalan raya, dan yang paling penting adalah sehat karena bisa mengerakan badan.Karena mencari waktu untuk berolahraga sangat sempit waktunya.

Pedestrian di Jakarta menurut saya banyak yang kurang nyaman sehingga membuat orang malas beeaktivitas di sini. Jika fasilitas ini bisa diperbaiki menjadi lebih nyaman, untuk membuat sebuah gerakan pedestrian akan lebih banyak tanggapan dari masyarakat. Sehingga bisa mengurai satu per satu masalah yang ada di negara ini.

Semoga ide sederhana ini mempunyai dampak yang sangat luas. Kita harus bergerak bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk lebih maksimal.

Jakarta, 10 Agustus 2016

Advertisements

One thought on “Pedestrian Yang Layak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s