Menjadi Saksi Sejarah

image

Berawal dari status Facebook mas Gajah Pesing, ajakan nobar tekno. Tanpa banyak mikir langsung daftar untuk acara itu. Setelah di terima ternyata adalah Nonton Bareng Peluncuran Satelit BRIsat, dan menjadi saksi sejarah.
Tiba tiba pikiran melayang jauh ke belakang, waktu SD nongrongin TV untuk melihat peluncuran satelit kebanggaan Indonesia Palapa pada tahun 1976. Namun sayang seribu sayang Satelit Palapa sudah di jual hiks……

Pada awalnya akan diluncurkan pada tanggal 8 Juni 2016, namun terkendala beberapa hal sehingga di tunda pada tanggal 17 Juni 2016. Saya dan 29 blogger lainnya bisa menjadi saksi sejarah peluncuran Satelit BRIsat, yang ternyata adalah Satelit Perbankan yang pertama di dunia. Makin bangga aja…. dan yang mendesain dari satelitnya juga orang Indonesia, yaitu Meiditomo dan Eko merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Meidi dan Eko dulu merupakan karyawan IPTN yang ditugaskan belajar ke Amerika tentang Satelit oleh Eyang Habibie. Terus terang makin bangga dengan Indonesiaku.

image

Sekilas tentang Satelit BRIsat

Yang desain satelitnya tadi sudah diceritakan adalah Meidi dan Eko, nah untuk yang buatnya Space System/Loral (SSL) perusahaan roket asal Amerika Serikat, sementara Roket pembawa dibuat Arianespace perusahaan asal Prancis. Dan Satelit ini merupakan yang pertama di dunia untuk dunia perbankan. Sedangkan Arianespace, sampai saat ini sudah 520 satelit yang diluncurkan menggunakan jasanya. Jadi sudah sangat profesional dalam proses peluncuran satelit. BRIsat akan  mengorbit pada slot 150.5 Bujur Timur, jalur terbit tersebut sudah tidak ada yang menggunakan lagi.

Dimanakah peluncuran satelit BRIsat?

Peluncuran Satelit BRIsat ini dilakukan di kota Kourou negara French Guania, benua Amerika Selatan. Jika dilihat di peta bertetanga dekat dengan Suriname. Di pilih Kourou karena dekat dengan garis equator dengan kondisi cuaca cenderung stabil.

Itu sepintas tentang apa itu satelit BRIsat dan beberapa keungulannya, ini membuat bangga saya khususnya bahwa Indonesia menjadi yang pertama mempunyai satelit perbankan di dunia.

image

Saksi Sejarah…….

Walaupun perannya sedikit hanya Nonton Bareng Peluncuran Satelit, namun saya dan rekan blogger lainnya menjadi saksi sejarah. Indonesia kembali memiliki satelit untuk kepentingan negeri ini, setelah beberpa tahun silam Satelit Palapa di jual. Entah kenapa jadi melow seperti ini mengingat Palapa, mungkin satelit Palapa yang menyatukan Indonesia. Dan sekarang ada pengantinya BRIsat.

Dengan diiringi gerimis dini hari, rombongan blogger menuju Discovery Hotel di Ancol untuk menyaksikan peluncuran pada tanggal 17 Juni 2016. Untuk menghemat tenaga, selama di bis saya pergunakan untuk bisa tidur biar bisa konsentrasi ketika peluncuran. Kurang lebih pukul 02.30 sampai di hotel, langsung menuju ruang Discovery 2 di lantai 3.

Deg degan lihat melihat layar di depan, kenapa jadi deg degan gini. Sambil menunggu peluncuran satelit, kami sambil santap sahur. Makan sambil menunggu itu memang jadi bikin degdegan, seperti mau nunggu ijab kabul aja.
Cuaca di sekitar tempat peluncuran angin sangat kencang jadi ada penundaan sekitar satu jam dari jadwal semula. Akhirnya makan sahur jadi agak enakan setelah ada kabar penundaan ini.
Menjelang adzan subuh ada berita lagi, bahwa peluncuran satelit di tunda 24 jam. Akhirnya para blogger menuju mushola untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah dan melanjutkan perjalanan menuju kantor Detik di warung buncit. Gerimis tetap menemani kami …..

image

Akhirnya melesat ke angkasa

Tanggal 18 Juni 2016 akhirnya BRIsat melesat ke angkasa menuju orbit yang telah ditentukan. Proses menuju orbit ini memakan waktu kurang lebih 22 hari, jadi diperkirakan bisa beroperasi sekitar Agustus 2016. Akhirnya Bendera Indonesia hadir kembali di orbit setelah Palapa dijual, semoga BRIsat akan terus mengorbit dengan bendera merah putih terus.

Jakarta, 20 Juni 2016

Kang Dudi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s