Shaum Terlama

image
Foto Ilustrasi dari Internet masjid Jogokaiyan

Ibadah Shaum Ramadhan itu menahan makan dan minum dari mulai terbit fajar sampai dengan magrib. Di Indonesia kurang lebih menjalankan ibadah selama 14 jam. Karena bumi itu berputar tidak semua negara sama menjalankan ibadah shaum 14 jam, bahkan ada negara yang sampai 21 Jam menjalankan ibadah shaum ini. Artinya hanya ada waktu 3 jam untuk makan dan minum.

Diperkirakan Ramadhan 1437 H ini, yang menjalani ibadah shaum terlama adalah di negara Denmark dan Swedia akan menjalani sekitar 21 jam, jadi hanya ada waktu 3 jam untuk kegiatan makan dan minum. Semoga Allah kuatkan umat muslim di sana untuk menjalankan ibadah shaum. Sementara Muslim di Argentina akan berpuasa hanya selama sembilan jam  tiga puluh menit menjalankan ibadah shaum kali ini. Dan ini merupakan negara yang paling cepat.

Untuk kawasan belahan bumi utara, Ramadan tahun ini tidak jatuh pada musim panas. Meski demikian, hari-hari akan terasa lebih panjang dibandingkan bulan sebelumnya.

Menurut para pakar astrologi, belahan bumi utara tidak hanya akan menjalani puasa terlama, tetapi juga suhu terpanas sejak 33 tahun terakhir.

 Ini karena matahari tengah berada di kawasan subtropik di belahan bumi utara. Sehingga puncak musim panas ada di utara dan puncak musim dingin ada di selatan.

 Ramadan tahun ini juga akan menjadi puasa terpanas sepanjang sejarah karena sejumlah negara tengah berada tepat di bawah terik matahari.

Ramadhan berapa lamapun kita akan tetap jalani dan coba maksimalkan semua ibadah di bulan ini. Siapa tahu ini adalah Ramadhan terakhir kita. Seperti kita ketahui tidak semua orang bisa bertemu dengan ramadhan tahin ini. Manusia paling kuat pun Muahammad Ali tidak bertemu dengan ramadhan 1437 H.

Mudah mudahan ini menjadi pengingat diri untuk memaksimalkan sajian Ramadhan 1437 H.

Jakarta, 10 Juni 2016

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s