Jangan Bunuh Dirimu Dengan Candu Rokok

image

31 Mei diperingati sebagai World No Tobbaco Day atau Hari Tanpa Rokok. Tema peringati tahun ini adalah “Jangan Bunuh Dirimu, Dengan Candu Rokok”. Rokok merupakan salah satu zat adiktif, selain dari narkoba dan alkohol.

Bukan tidak tahu masyarakat terhadap bahaya Rokok, untuk menghentikan kebiasaan merokok ini perlu perjuangan yang tidak mudah. Namun bukan hal yang tidak mungkin, seperti Sam Bimbo bisa bebas dari Rokok, di masa awal jika ingin merokok di ganti dengan nengunyah cengkeh, memang tidak mudah tapi bisa.

Data yang sangat mencengangkan adalag usia perokok pemula 10-14 tahun di tahun 2013 sudah mencapai 18% dalam 20 tahun terakhir meningkat sangat tajam 100%. Jika usia 14 tahun mulai merokok, 20-30 tahun akan menjadi konsumen loyal sebuah produk rokok. Hanya ajal yang akan memberhentikan dari konsumsi rokok. Produsen Rokok sangat mengetahui potensi  bisnis ini, sehingga bisa menambah terus jumlah perokok pemula dalam setiap tahunya.
Produsen Rokok tiap tahunnya untuk kegiatan kampanye dan sponsoship bisa mencapai 11 Triliyun rupiah, angka fantastis sekali untuk kegiatan promo mencari perokok pemula.

Selain perokok pemula, di Indonesia yang sangat mencemaskan adalah perokok wanita, angka di tahun 2013 adalah 6,7% perokok wanita. Namun angka yang kecil itu merupakan rangking pertama perokok wanita di Dunia, jadi Indonesia menjadi perokok wanita terbanyak.

image

“Indonesia telah mencapai tingkat yang sangat memprihatikan dalam konsumsi rokok” Ujar dr H. Mohamad Subuh, MPPM (Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit) pada acara Talkshow dalam rangkaian acara puncak peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Graha  Bhakti Budaya TIM Jakarta Pusat (31/5).

HTTS 2016 ini diharapkan menjadi momentum untuk berani menyuarakan kebenaran. Gerakan ini harus bisa didukung oleh semua lapisan masyarakat agar lebih terasa lagi gaungnya tentang bahaya rokok.

Terutama Generasi penerus bangsa ini terbebas menjadi perokok pemula. Komitmen semua elemen untuk bisa bergerak menjadi modal dasar menyatukan langkah agar Indonesia bebas asap rokok.

Jakarta, 31 Mei 2016
Kang Dudi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s