Tips Memilih Daging Buat Lebaran

image

Menjelang hari raya, biasanya kebutuhan daging sangat meningkat di masyarakat. Bagaimana memilih daging untuk menyambut Hari Raya akan di bahas dalam tulisan ini:Jenis Daging Ini Direkomendasikan Untuk Sambut Ramadhan Dan Santapan Hari Raya Idul Fitri.

Daging akan menjadi menu utama dalam merayakan Lebaran, jika berbicara mengenai daging yang akan di konsumsi atau di olah menjadi berbagai menu, maka tidak akan terlepas dengan spesifikasi paska dilakukan pemotongan.

Dalam istilah dunia Pejagalan modern (Batcher)  ada sekitar 15-17 jenis potongan daging sapi. Contoh, Di area Paha belakang ada Lima jenis potongan daging sapi, yakni TopsideSilversideKnuckle, Gandik dan Rump. Sementara, kalau Tenderloin dan Sirloin tidak termasuk bagian paha belakang. Oleh karena itu, wajar jika tekstur dan serat dagingnya lebih lembut.

Di kalangan  pedagang daging tradisional/pasar “becek”, istilah Knuckle lebih dikenal dengan sebutan “daging kelapa”. Mengapa disebut daging kelapa? Karena bentuk potongan dagingnya yang agak bulat seperti kelapa.

Berhubung sebentar lagi Ramadhan, dan tentunya Hari Raya Idul Fitri, maka muncul pertanyaan, jenis daging apa yang pas untuk menyambut hari Raya Lebaran 1437 H/2016 M? Berikut jenis daging yang direkomendasikan beserta spesifikasinya:

Daging diambil dari area Paha Belakang Jenis potongan knuckle (daging kelapa) / inside.

Kenapa memilih jenis daging ini? berikut alasan lengkap spesikasinya

Pilihan jenis daging yang dijual menyesuaikan dengan menu yang biasa diolah untuk Lebaran. Menu Lebaran antara lain rendang, teriyaki dan semur memerlukan spesifikasi daging yang bisa di kustomisasi. Kebiasaan orang Indonesia kalau masak daging harus benar-benar matang. Masih menurut Orang Indonesia, rasa akan lebih “sedap” dan “nyerep” bumbunya  jika dipanaskan secara berulang-ulang. Supaya daging tidak mudah hancur jika sudah matang dan dipanaskan secara berulang maka perlu jenis daging yang sesuai. Jenis daging yang sesuai dengan kebutuhan di atas haruslah memiliki kerapatan serat yang tinggi dan lemak selaput pembatas yang tipis, dan untuk semua alasan itu maka Jenis Potongan Knuckle dari area Paha belakanglah yang paling cocok.

Mengapa bukan Jenis Sirloin (Has Luar) dan Tenderloin (Has Dalam)?

Kalau jenis Sirloin dan Tenderloin tekstur dagingnya lebih lembut, sehingga akan lebih tepat untuk menu yang di bakar semacam steak. Kalau daging has direbus dalam waktu yang lama, maka lebih mudah menjadi susut dagingnya. Kalau orang Asia timur dan western mereka menyukai konsumsi menu daging yang “setengah” matang atau bahkan mentah. Wajar jika gunakan daging has yang teksturnya lebih lembut. Belum lagi, dari satu ekor sapi, hanya bisa diambil 1,1 – 1,4 kg saja daging untuk jenis tenderloin, oleh karenanya harga steak lumayan dari segi kantong orang kebanyakan.

Pertanyaan berikutnya adalah daging yang dijual di pasaran kebanyakan produk Impor? atau Lokal?

Jawabannya adalah, bisa juga lokal dan juga import. Sebagai pengetahuan kita, untuk situasi sekarang, jenis sapi potong harian yang “merajai” Rumah Potong Hewan (RPH) di Jabodetabek umumnya adalah jenis  sapi BX (Brahmana Cross), Import hidup dari Australia. Kalau jenis sapi  lokalnya diambil dari Sapi Pedaging, yakni Sapi Bali. Tapi kemungkinannya kecil, karena “pemain” sapi Bali cenderung “menyimpan” sapi – sapi mereka untuk Stock Idul Qurban. Jadi, baik daging sapi yang dipotong malam ataupun daging yang frozen, jenis sapi nya sama saja.

Lalu yang paling ditunggu dan dicari adalah bagaimana dengan harga?

Melihat portofolio harga tahun kemarin (2015) di pasar tradisional, harga berkisar antara 130-140 ribu per kg. Harga tersebut belum termasuk ongkos angkot ke pasar, beli jajan, dan lainnya. Sedangkan, harga daging di pasar tradisional saat tulisan ini dibuat untuk tukang baso, daging campur kisaran 107 ribu , untuk konsumen sekitar 112ribu per kg. Sementara harga daging di pasar Inpres Kebayoran sudah menembus 120rb per kg, dan biasanya menjelang Lebaran harga akan terus naik.

CATATAN: harga 112rb per kg itu untuk hajatan dengan pembelian minimal 20 kg.

Kenapa menjelang lebaran harga terus naik?

Alasan mendasar yang membuat harga dan kualitas kadang sulit diprediksi adalah masalah teknis, yakni perlunya waktu yang panjang untuk menyelesaikan proses pemotongan. Sebagaimana kita ketahui kalau jelang Idul fitri permintaan daging membludak, apalagi bila sudah mendekati Hari Raya (misal H-1 atau setidaknya H-2). Sedangkan Kapasitas potong sapi di RPH  terbatas. Sehingga mengenai penetapan harga, logikanya baru fiks keluar pada saat potong sapi di RPH. Itu yg jadi faktor utama , mengapa jelang Lebaran harga daging sapi “melangit” di pasar tradisional

Terus mau apa?

CV. ERA JAYA yang saat ini pengelolaannya di bawah PT PIONIR PERSADA, ingin menawarkan solusi dalam rangka memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri tahun 2016 ini. Solusinya adalah PRE ORDER.

:: OPEN PRE ORDER ::

PERMINTAAN PASAR yang terus ‘membludak’ tentunya jadi bikin harga Daging sapi jelang Lebaran kian ‘meledak’.

1,5 ton daging sapi insya Allah siap didistribusikan PT PIONIR PERSADA jelang perayaan Idul Fitri.

Harga yang kami tawarkan adalah Rp 125.000,- /Kg, dengan fitur:

Daging diambil dari area Paha BelakangJenis potongan knuckle (daging kelapa) / inside.Daging dalam bentuk beku (Frozen) Daging dikemas dengan satuan 1 Kg Pembayaran Down Payment (DP) HANYA 30% dari harga (Rp 40.000,-), Pelunasan dilakukan sebelum pengiriman. Pembayaran via Transfer, tersedia Bank Mandiri, dan BCA Sudah termasuk ongkos kirim Jakarta .Pengiriman dilakukan serentak sekitar H-3 atau H-2 dari Idul Fitri (estimasi Stok Full H-10 sampai H-7) Penawaran dan Layanan ini hanya untuk wilayah Jabodetabek.

Bagi yang berminat PRE ORDER, Silahkan kirimkan pesan via WhatsApp ke Nomor dibawah ini.

Ketik nama, alamat, Nomor HP yang bisa di hubungi via WhatsApp, dan berat daging yang dipesan (pisahkan dengan tanda pagar).

Kirim ke Nomor WhatsApp: 0815 8301939

CONTOH:

Dudi Iskandar#Jl. Bonang Gg C no 34 RT 18/06 Menteng, Jakarta Pusat#0816108470#1Kg

DAFTAR pre order TUTUP tgl 29 Mei 2016 Pkl. 12.00.

Buruan daftar !!! Kuota terbatas, Waktu Terbatas.

Pemesanan MINIMUM 1 Kg, berlaku kelipatan 1 Kg

KHUSUS: untuk keperluan Persiapan Puasa Ramadhan atau biasa dikenal Munggah Puasa, keperluan Ifthor, dari PT PIONIR PERSADA juga siap melayani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s