Perkebunan di Indonesia Masih Jauh Dari Industri

image
Jika bicara tentang Indonesia maka tidak bisa lepas bicara masalah Sumber Daya Alam Indonesia yang sangat kaya. Bahkan Indonesia di jajah pun karena hasil bumi yang dihasilkan Indonesia. Terkait masalah perkebunan di Indonesia masih belum berkembang sektor industrialisasinya. Masih menjual hasil panen secara langsung ke end user, belum menambahkan nilai tambah yang memperbesar margin. Bahkan petani petani di Indonesia belum merasakan kesejahteraan, karena hanya menjual mentah panen. Para pedaganglah yang menikmatinya padahal petani mengurus tanaman tidaklah mudah.

Kita lihat Korea kenapa mereka bisa berubah selama 35 tahun terakhir, karena mereka membuat indrustri di komoditi perkebunannya. Contoh sederhana sekam padi bisa dijadikan menjadi sumber pembangkit tenaga listrik, sehingga bisa termanfaatkan semua hasil panen dan menambahkan nilai pada hasil panen. Di Indonesia perkebunan dengan lahan yang sangat luas bisa menjadi komoditi yang bisa menjadi andalan, sekarang tinggal memperkuat industrialisasinya saja.

image
Suasana Peluncuran Buku Prof Dr Ir Agus Pakpahan

Dari peluncuran Buku “Perkebunan Pemerdekaan indonesia” karya Prof Dr Ir Agus Pakpahan yang diadakan di Menara 165 Jakarta Selatan pada hari Selasa (3/5).
Pak Agus menyoroti tentang nilai tambah dari produk perkebunan, jadi tidak menjual langsung hasil panen, namub di olah terlebih dahulu menjadi mempunyai nilai lebih. Karena selama ini hanya pedagang yang lebih diuntungkan daripada petani. Meningkatkan kesejahteraan petani bisa dengan menambahkan nilai tambah itu. Beliau menyebutkan pada masa Kaisar Tokugawa di Jepang, Petani itu menduduki tempat terhormat setelah Samurai. Karena yang akan menyokong samurai dengan kata lain petani menjadi pasukan infanterinya.

Potensi besar dari sektor perkebunan ini belum dimaksimalkan oleh pemerintah untuk membangun industrialisasinya. Semoga ke depan I donesia akan lebih memperhatikan sektor ini.

Liputan video bisa di di lihat disini.

Jakarta, 5 Mai 2016

Kang Dudi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s