Sisi Lain Raden Ajeng Kartini

image

MNC Pictures release film pertama di tahun 2016, di Bulan April ini dalam rangka hari Kartini. Cerita yang di angkat berdasarkan sejarah Kartini, namun dengan angle orang ketiga yang bercerita. Surat Cinta Untuk Kartini (SCUK) merupakan film genre drama yang disutradarai Azhar Kinoi Lubis dengan naskah di tulis oleh Vera Varidia.

Awal kisah diceritakan Guru yang bercerita tentang RA Kartini kepada murid muridnya, setelah itu flashback ke tahun 1901 di Jepara. Ada seorang pengantar pos di Jepara, yang tugasnya mengantarkan surat kepada masyarakat Jepara. Setiap mengantarkan surat, Sawardi (diperankan Chicco Jerikho) sering menunggu reaksi dari penerima suratnya. Seperti ada kebahagian tersendiri jika melihat penerima surat bahagia. Suatu hari ada surat buat RA Kartini (diperankan Rania Putri Sari) yang harus diantarkan Sawardi. Disinilah awal pertemuan Sawardi dan Kartini, dan sepertinya langsung tertarik kepada Kartini.

image

Menjadi menarik film ini, karena bicara dari sudut pandang Sawardi sang pengantar pos. Berusaha untuk tetap bisa bertemu dengan Ndoro Ajeng, dan berusaha memahami cita cita Kartini, yang ingin memajukan pemikiran wanita Jawa. Cita cita ingin mendirikan sekolah untuk perempuan Jawa.

Secara keseluruhan film ini bagus, ada beberapa catatan dari saya adalah karena setting 1901 -1904 dialog dialog harusnya lebih banyak berbahasa Jawa dibandingkan Indonesia. Sehingga lebih terasa pada masa 1901 nya. Atau minimal logat jawa bisa lebih kental lagi sehingga nuansanya ke bangun. Karena settingnya sangat ndeso sekali. Akting Chico bagus, namun dialek jawa yang kurang medok menurut saya.

Jangan sampai ga nonton film bagus ini nanti tanggal 21 April 2016.

Selain Chico Jerikho dan Rania Putrisari, film Surat Cinta Untuk Kartini ini juga di dukung aktor dan aktris ternama negeri ini seperti Donny Damara, Acha Septriasa, Ence Bagus, Keke Harun, Maya Putri, Ayu Dyah Pasha.

Selamat menonton.

Jakarta, 12 April 2016

Kang Dudi

Advertisements

2 thoughts on “Sisi Lain Raden Ajeng Kartini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s