Sejenak di Semabung Baru

image
Photo Hermini Y

Senja mulai memerah di pekuburan Sentosa Pangkalpinang artinya malam segera tiba dan adzanpun terdengar bersahutan dari jauh. Suasana di pekuburanpun mulai sepi dari yang bersih bersih.
Sayapun menanyakan mushola atau masjud terdekat kepada orang yang berada di Paithin.
“Pak, mushola atau masjid yang terdekat di sini dimana ?” Saya bertanya ke seorang bapak yang sedang membersihkan Paithin.
“Lumayan jauh masjid ke arah sana, nanti belok kiri ketemu masjid. Pake motor saya aja mas untuk ke sana” sang bapak menawarkan motornya untuk di pakai kepada saya.

“Terima kasih pak, biarlah kami jalan kaki sambil olahraga” ujar saya
Dan kamipun jalan kaki ke arah yang ditunjukkan tadi, sambil menikmati senja di pekuburan serta mengingatkan bahwa suatu saat akan menjadi penghuni kubur juga.

Sekitar Lima menit berjalan, tiba tiba Bapak yang tadi datang dengan motor sambil menawarkan untuk mengantar sampau ke Masjid. Hari ini saya mendapatkan pelajaran yang sangat indah di Pangkalpinang ini. Dari bertanya masjid dan rasa tolong menolong masyarakat Pangkalpinang yang sangat kuat sekali. Tidak ada pamrih dalam menolong orang.

Kamipun tetap melanjutkan perjalanan menuju masjid yang memang jauh ini dengan berjalan. Sesampainya di masjid banyak anak anak dan remaja yang sedang menunggu waktu Isya. Masjid Al Khosyiun yang berada di daerah Semabung Baru ini, sangat asri sekali.

Di Pangkalpinang ini, ternyata di masjidnya banyak anak anak dan remaja yang memakmurkan masjid. Saya terus terang sangat senang melihat situasi seperti ini, artinya penerus dakwah di Pangkalpinang banyak sekali. Mudah mudahan lahir ulama besar dari Pangkalpinang ini.

Berinteraksi dengan masyarakat lokal ketika traveling akan menambah pengalaman dan belajar tentang kearifan lokal masyarakatnya. Kita dapat menarik hikmah dari setiap perjalanan ini. Sedekat apapun perjalanan itu akan ada hikmah yang bisa kita ambil.

Jakarta, 8 April 2016

Kang Dudi

Advertisements

2 thoughts on “Sejenak di Semabung Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s