Batuk Berlanjut, Segera Periksa

image

Hari Rabu (22/3) menghadiri Workshop Kampanye Media Sosial Hari Tuberkulosis Sedunia di Litbang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Workshop ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari TB pada tanggal 24 Maret.
Ada data tentang TB, 22% orang tidak tahu gelaja TB 27% orang tidak tahu bahwa penyakit TB bisa disembuhkan dan yang memperihatinkan adalah 81% orang tidak tahu bahwa obat untuk TB itu Gratis 100%.
Banyak faktor dari data di atas, apakah sosialisasi tentang pengobatan TB sudah sampai ke masyarakat di lapisan bawah?. Mudah-mudahan tulisan sederhana ini bisa menjadi alat sosialisasi mengenai Tuberkolosis

TENTANG TUBERKOLOSIS

Tuberkolosis itu bukanlah merupakan penyakit keturunan atau yang sifatnya genetik, namun TB atau Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycrobacterium Tuberkulosis). Dan yang harus digarisbawahi penyakit TB ini bisa disembuhkan dengan pengobatan yang rutin. Namun jika tidak diobati TB juga bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya.
Untuk itu marilah kita mengenal ciri ciri penyakit TB

GEJALA TB

Gejala Utama
Batuk berdahak terus – menerus ≥ dua – tiga minggu, jika batuk sudah lebih dua minggu segera bawa ke Puskesmas untuk di periksa lebih lanjut oleh dokter.

Gejala Tambahan
– Dahak campur darah
– Batuk darah
– Sesak nafas dan Nyeri dada
– Badan terasa lemah
– Nafsu makan turun
– Kehilangan berat badan
– Berkeringat pada malam hari
– Demam lebih dari 1 bulan

Jika sudah ada gejala segera bawa ke dokter.

Cara Penularan TB

Udara adalah medium penularan TB, bisa dari batuk yang tidak di turup atapun dahak dari penderita TB. Adapun proses penularan sangat dipengaruhi oleh jumlah kuman, kontak dengan penderita TB serta daya tahan dari seseorang terhadap penyakit. Karena kuman TB itu bisa bertahan lama di ruangan yang lembab.

Kontak langsung dengan pasien TB dapat menularkan kuman, karena ketika bicara saja pasien TB mengeluarkan 0 – 210 partikel, pada saat batuk ada 0 – 3500 partikel dan ketika bersin ada 4500 – 1 juta partikel yang dikeluarkan.Maka dari itu, pasien TB diharapkan mempunyai etika saat Batuk misalnya dengan menutup mulut menggunakan tisue atau lengan tangan agar kuman tidak menyebar ke orang disekitar.

“1 orang dengan TB aktif menginfeksi 10 – 15 orang per tahun”.

PENGOBATAN TB

Pengobatan TB itu membutuhkan waktu yang lumayan lama antara enam – delapan bulan supaya semua kuman dapat hilang dari tubuh. Kadang banyak pasien berhenti ditengah jalan pengobatannya karena merasa sudah sehat, berat badan nambah. Untuk sembuh butuh perjuangan yang panjang.

TB bukan hanya urusan pemerintah saja, namun juga urusan kita semua warga negara. Semoga Indonesia bisa terbebas dari TB.

Jakarta, 24 Maret 2016
@kang.dudi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s