Ketika Mas Gagah Pergi

image

Akhirnya cerpen Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) yang booming di tahun 1990an karya Helvi Tiana Rosa, menjadi sebuah film yang di putar di jaringan XXI.  Cerpen KMGP banyak memberikan inspirasi pada waktu itu, banyak sekali yang move on setelah membaca cerpen ini. Para pembaca sudah mempunyai imajinasi sendiri mengenai KMGP, ketika menjadi sebuah film pasti akan banyak perbedaan imajinasi dan kenyataan film yang disaksikan.
Scene dibuka dengan keindahan Ternate yang selama mata memandang tidak lepas dari keindahan gunung, laut dan sejarah Islam. Imajinasi saya kembali melayang ketika pertama baca cerpen ini, dimana da’wah islam sedang mulai tumbuh dan penuh onak. Kisah tentang gesekan dari Hijrah seorang Mas Gagah yang membuat lingkungan sekitarnya menjadi tidak nyaman.
Konflik yang terjadi antara Gita (diperankan Umar Aquino) dengan perubahan Mas Gagah setelah pulang dari penelitian di Ambon. Mas Gagah (Hamas Syahid) sedang berusaha untuk mengamalkan nilai-nilai Islam yang dipelajari. Hal ini menjadi aneh di lingkungan sekitarnya.
Hidayah tidak akan datang sendiri kepada kita, justru kita yang akan menjemput hidayah itu.
Film ini memang sangat berbeda sekali dengan yang beredar selama ini. Namun hadir memberikan alternatif hiburan yang penuh inspirasi, mudah mudahan juga akan lebih banyak orang yang berbuat kebaikan setelah menyaksikan film ini.
Yang menarik dari film ini adalah dawah tidak lagi harus di majlis talim, masjid. Namun dawah bisa di mana saja seperti di Bis, angkot, kedai kopi. Perluasan dawah bisa dilakukan dimana saja.

KMGP sekarang sedang berjuang di jaringan Bioskop, ayo kita dukung film yang berkwalitas dengan menonton sehingga film ini menjadi Box Office.

Ayo kita dukung

Jakarta, 21 Januari 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s