Suatu Pagi Di Padang Bay

image

Menjelang pukul 6 pagi Ferry mulai merapat di Pelabuhan Padang Bay Bali. Perjalanan penyebrangan dari Lombok kurang lebih 5 jam.  Pagi ini akan memulai aktifitas di Padang Bay, hal pertama yang saya lakukan adalah mencari warung untuk sekedar sarapan dan mencari informasi mengenai bis tujuan terminal Batu Bulan Gianyar.

Di media coffe morning ini banyak sekali informasi masuk mengenai moda transportasi di Padang Bay. Bis pertama datang pukul 6.30 kurang lebih tujuan akhir Gilimanuk. Sekarang lebih banyak mobil rental yang melayani penumpang ke pelabuhan Padang Bay ini dibandingkan kendaraan umum lain. Bis Bahagia yang saya tumpangi kemarin hanya membawa 4 penumpang dari pelabuhan, karena tidak boleh ambil penumpang sebenarnya di sekitar pelabuhan. Namun karena ada upeti masuk, 50% ongkos penumpang masuk calo.

image

Tiap hari selalu ada kejadian ribut antara sopir rental di pelabuhan ini. Jadi untuk yang mau nyebrang ke Lombok paling aman dan nyaman adalah sewa mobil dan bisa sharing cost itu jauh lebih murah dibandingkan dengan ngeteng yang mungkin dapat lebih murah atau bahkan lebih mahal. Mobil sewaan antara 250-300 ribu dari bandara ke Padang Bay.

Ini di Bali, notabene daerah tujuan wisata Internasional dan penghubung ke Lombok yang kurang lebih potensi pariwisata yang bagus juga. Dan menurut cerita kenek Pak Ketut, angkutan kota sudah seperti hidup enggan mati tak mau.

Obrolan di warung bisa menjadi banyak informasi yang  bisa digali selama di lapangan dan sambil ngemil pastinya.

Jakarta, 11 November 2015

Kang Dudi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s