Terminal Batu Bulan

image

Pagi ini mulai perjalanan dari Terminal Batu Bulan Gianyar Bali, yang terletak di Jl Raya Batubulan Tegehe Gianyar.

Sesampainya di sana terminal terlihat sepi seperti bulan terminal bis saja, aktivitas moda transportasi yang sangat jarang keluar masuk angkutan atau bis.

image

Malah disambut oleh calo calo dengan menawarkan berbagai jasanya. Ada ojek yang menawarkan Rp 150.000, ada yang menawarkan angkot Rp 70.000 dan macam macam. Wah parah bener kondisi terminal ini, lebih banyak calo daripada penumpangnya. Wuih kondisi pariwisata kita masih harus dibenahi, padahal ini Bali yang notabene jantung Pariwisata Indonesia. Tarif angkutan umum yang serba tidak jelas.

image

Akhirnya saya putuskan untuk mencari warung, untuk sekedar ngopi dan mencari informasi tentang kendaraan ke Padang Bai. Pagi ini teman ngobrol saya ibu Suci, seorang nenek dari 4 cucu yang berjualan berbagai panganan dan kopi di terminal Batu Bulan Gianyar. Setelah ngobrol dan ngopi,  Bu Suci nanya tujuan mau kemana ? Ke Padang Bai jawab saya. Saya hubungi supir yang biasa bawa ke sana Pak, tunggu aja di sini, ujar ibu itu ternyata menelepon supir bis. Ongkosnya Rp 30.000 pak, wah beda tipis sama hasil Googling yang Rp 20.000. Oke deh kalau begitu kita ngupi dulu pren biar waras……

image

Akhirnya Pak Rudiy datang juga, sopir bis yang akan ke Padang Bai bersama keneknya Bli Komang. Namun tidak langsung jalan menuju pelabuhan, ngetem dulu di satu tempat. Ke terminal tadi khusus jemput saya ternyata hehehehhe, terminal yang aneh.

Jam 09.15 WITA bis mulai bergerak seperti keong, dengan penumpang 4 orang dengan saya. Bli komang cerita bahwa bis antar kot di Bali itu semakin sedikit karena banyak rental mobil dan motor, wisatawan lebih nyaman dengan rental kendaraan katanya. Dan mungkin ini juga yang jadi penyebab sepinya terminal BatuBulan.

Dan memang waktu seperti berjalan lambat sekali di sini, selambat bis antar kota di Pulau Dewata.

Bis, 7 November 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s