Sapardi Djoko Damono

image

Ketika kuliah, sempat menjadi perbincangan musikalisasi puisi Hujan Bulan Juni (HBJ) karya Sapardi Djoko Damono (SDD). Kasetnya beredar di kalangan kampus saja tidak di major label. Kemarin malam saya sempat menyaksikan langsung SDD membacakan puisinya secara langsung.

Musikalisasi puisi inilah yang menjadi penyebab boomingnya kumpulan puisi HBJ dan membuat SDD dikenal lebih luas lagi terutama di kalangan pencinta sastra Indonesia. Karya karya yang sederhana dengan pemilihan dikso yang renyah sehingga puisi SDD sangat cepat di terima oleh masyarakat luas.

Akhirnya saya bisa ketemu langsung dan berfoto dengan SDD setelah sekian tahun mengikut karya karya beliau. Sangat beruntung bisa berfoto dengan beliau.

Ketika di tanya apakah pernah mengalami kebuntuan dalam menulis? Dengan lugas SDD menjawab, jika saya buntu dalam menulis berarti saya telah mati. Ide saya mengalir ketika membaca sebuah buku, minimal saya menulis untuk mengkiritik isi buku yang baru saya baca menjadi ide baru yang segar. Menulis memang tidak lepas dari membaca.

Semoga ke depan lahir SDD lainnya di negeri ini. Selamat berkarya

Jakarta, 8 Oktober 2015

Leave a Reply

