(Hikmah Jumat) Masa Depan

Mengawali khutbahnya sang Khatib memberikan gambaran tentang anggaran Negara yang dibacakan Presiden di depan Anggota Dewan beberapa saat sebelum peringatan 17 Agustus 2015. Bahwa hutang negara akan bertambah besar di tahun 2016 karena ada defisit pendapatan, kekurangan di ambil dengan hutang. Untuk membayar hutang pemerintah mengurangi subsidi untuk rakyat. Sehingga rakyat harus menambah jumlah pengeluaran.

Khatib mengirabaratkan negara itu sama dengan keluarga. Pemimpin negara sama dengan pemimpin keluarga analoginya. Jika contoh sebuah keluarga mempunyai penghasilan 3 juta, kondisi mempunyai hutang pada bapak A, B, C dan D. Tentunya kepala keluarga akan memprioritaskan penghasilannya untuk membayar hutang ke Bapak A-D, sisanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun jika pada bulan tertentu minta keringanan kepada bapak A-D untuk tidak membayar cicilan hutang, karena ingin memperbaiki gizi keluarga tentunya sangat munkin. Istilah kerennya mah Reschedule pembayaran masbro.

Nah negara ini ga melakukan reschedule pembayaran ini kepada pemberi hutang untuk bisa memperbaiki taraf kehidupan rakyatnya. Malah mengurangi subsidi sehingga rakyat semakin tertekan.

Khutbat jumat yang sangat menarik sekali terkait masa depan ini. Yang menjadi inti dari masa depan ini bukan hanya sukses secara materi semata. Ada bingkai yang menjadi bekal adalah taqwa, bagaimana taqwa ini membingkai setiap langkah mencapai masa depan dalam jalan taat.

Ada ketaatan dalam setiap gerak langkah mempersiapkan masa depan, terutama menghadapi kembali ke kampung akhirat.

Semoga bekal taqwa senantiasa membingkai setiap gerak langkah kita. Dan setiap gerak langkah menjadi amal sholeh.

Jakarta, 4 September 2015
Saat kedatangan sang pembunuh massal #indonesiaRejectsSisi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s