Kopi itu

image

Pertama kali diperkenalkan cara ngopi yang baik oleh Bapak Widya sang pemilik Pabrik Kopi Aroma yang terkenal itu. Bagaimana proses membuat, menyeduh dan menikmatinya. Sampai diberi tahu kalau minum kopi terus buang air kecil baunya sama dengan yang kopi yang kita minum itu adalah perasa kopi saja. Jadi sekarang kita mulai perhatikan harum kopi yang kita minum dengan bau pipis kita.

Kemarin belajar lagi mengenai roasting kopi ternyata ada 3 jenis roasting, dark, medium dan veranda terutama yang dijual di gerai Starbucks. Masing masing roasting itu mempunyai karakter masing masing.

Kemarin nambah ilmu lagi tentang Roasting, yang ternyata mempunyai perbedaan antara jenis roastingnya.

Dark Roasting rasa asamnya cenderung sedikit dibandingkan dengan veranda. Nah Veranda kebaliknya tingkat asam yang tinggi. Kalau medium roasting berarti rasanya di tengah saja.

Untuk menikmati kopi itu ternyata membutuhkan jam terbang. Terlebih jenis kopi yang ada di negeri ini sangat banyak sekali.

Dari jenis kopi, arabica hanya tumbuh di dataran tinggi tertentu sedangkan robusta bisa di mana saja.

Dan baru tahu cara menikmati kopi itu harus sampai bunyi sruuuuuuuuiip di mulut kita. Biar sensasi kopi itu menyebar sampai ke tenggorakan dan di titik mana rasa itu menetap cukup lama di mulut.

image

Dan satu lagi pelajaran dari mas Noel, jangan gunakan gelas atau sendok plastik dalam menyeduh kopi, sangat tidak disarankan sekali. Karena unsur plastiknya akan masuk.

Selamat ngopi bro, sruuuuuuuuuppppp

Jakarta, 31 Agustus 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s