Decisive Moment

image

Beberapa hari yang lalu di sebuah Grup WA ada sebuah pembelajaran mengenai Decisive Moment. Kalau bahasa saya adalah Jebakan Betmen secara sederhananya.
Dalam sebuah foto, ada tiga faktor yang membuat foto menjadi enak dilihat, komposisi, angle dan momen. Nah Decisive Moment (DM) ini ketika kita sudah menemukan sebuah komposisi yang enak di lihat dan kuat, kita tinggal mengisi dengan sesuatu yang hidup untuk lebih memperkuat momennya. Sehingga foto itu menjadi lebih hidup tidak hanya sekedar komposisi yang bagus.

Untuk bisa mempertemukan komposisi. Angle dan momen sangat dibutuhkan sekali kebiasaan melihat komposisi dan momen sehingga menjadi terbiasa untuk dapat foto-foto DM ini. Insting torkangpoto di sini sangat berperan sekali untuk bisa melihat ini. Karena stimulus dihadapan kita sangat banyak sekali kita harus bisa memilih yang akan direspon.

Bisa dikatankan juga DM merupakan puncak dari sebuah kejadian. Toekangpoto harus sigap dalam melihat puncak dari kejadian itu sehingga tercipta sebuah karya foto yang bagus.

Secara sederhana DM itu kiita membuat foto dg MENJEBAK  obyek. Kita sudah punya komposisi yg pas tinggal menunggu moment masuk ke komposisi yg kita inginkan

Selamat menjebak kawan.

Jakarta, 17 Maret 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s