Toekangpoto : care & inspired

image

“Walaupun sedikit yang kami miliki, namun akan kami baktikan untuk nusa bangsa dan agama”

Qoute yang selalu menghiasi pikiran dari waktu SMA. Menginspirasi orang untuk berbuat kebaikan menjadi dambaan berjuta orang.

Empat tahun bukan jalan yang panjang namun juga bukan jalan yang pendek. Menjelang milad ke 4 Toekang Poto di Karang Anyar Solo. Berawal dari kerumun untuk membentuk komunitas foto di Tahun 2010. Sekarang kerumunan itu sudah menjadi sebuah barisan yang berjajar rapih.

Di mulai dengan program Trauma Healing untuk korban erupsi Merapi, “jeprat jepret Merapi”. Untuk menghilangkan trauma akibat erupsi Merapi, kami mencoba sedikit berbagi pengetahuan mengenai fotografi kepada anak-anak di Hunian Sementara untuk memotret kehidupan di Seputar pengungsian. Sungguh di luar dugaan kami, ternyata hasil karya anak Merapi ini sudah cukup baik secara fotografis, walau diajarkan tidak terlalu lama. Bisa menangkap sisi kehidupan di hunian sementara.

Akhirnya 3 tahun kemudian dalam rangkan menyambut hari anak Nasional tahun 2013, di buat Pameran foto karya Anak Merapi di Plaza Blok M dengan tema “Belajar dari Mereka”. Karena yang sebenarnya adalah kami Belajar dari mereka anak-anak merapi. Mereka masih bisa berkarya walau dengan kondisi yang memprihatinkan, mereka masih bisa tertawa dengan lepas. Sampai akhirnya lahir http://www.kamianakmerapi.com tempat menampung karya karya anak merapi. Dan sekarang blog itu sudah dikelola mandiri oleh mereka.

Berjalan dengan waktu, beberapa anggota menemukan passion di dunia fotografi. Ada yang ke arah New Born Fotografi, ada yang ke arah Product Fotografi, ada yang ke arah Jurnalis, landscape, food fotografi dan bahkan ada spesialis kopi dan semakin beragam warna. Walau berbeda passion dalam bergerak di dunia fotografi ada satu benang merah yang membingkai komunitas ini, yaitu ingin bermanfaat bagi orang lain.

Spirit untuk bisa berbagi dan inspirasi ini yang menjadi darah segar untuk komunitas ini. Dan menjadi pembeda dengan komunitas foto lainya yang ada.  Di Jogja sudah ada 2 angkatan Kelas Toekang Poto (KTP) yang di komandani oleh Mba Wahtini sebagai kepala sekolahnya. Di Jabotabek di komandani Bang Khairudin Safri, mudah-mudahan bisa menyusul KTP di daerah lainya.

Selamat milad kepada Toekangpoto, semoga bisa menjadi inspirasi.

Selamat Berkarya

Jakarta, 16 Maret 2015
H-5 milad TP

Advertisements

One thought on “Toekangpoto : care & inspired

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s