Charlie Hebdo

Beberapa hari ini dunia berduka dengan tragedi penembakan di Charlie Hebdo di sebuah kantor majalah satire yang sering melecehkan Nabi Muhammad.

Teringat kembali kisah 99 Cahaya di langit Eropa, bagaimana muslim yang minoritas di sana berkembang dengan segala lika likunya. Muslim Eropa berusaha menampilkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin dengan berbagai aspek terlebih di Perancis terkenal dengan Islamphobia yang begitu kental. Sungguh tidak mudah untuk berdakwah di lingkungan seperti itu.

Dengan adanya penembakan ini, kemungkinan Islamphobia di Perancis bisa meruncing kembali ditambah media massa banyak menulis tentang isu ini seperti menyoroti dengan sengaja kaitan “membela nabi dan pembunuhan”. Isu ini dimanfaatkan untuk memperuncing stigma Islamphobia.

Keadaan ini akan menjadi berat buat saudara muslim kita di Perancis terutama Muslimah dan anak-anak muslim yang akan kena bully dari lingkungan sekitarnya.

Banyak yang menulis di sosial media Indonesia tentang tragedi ini bahwa ini tepat sasaran. Apa benar seperti ini Islam yang Rahmatan Lil Alamin? Tentu tidak ini seperti mengkhianati Nabi tanpa sadar.

Setelah tragedi ini, yang perlu dilakukan muslim seluruh dunia ada dua. Pertama mengutuk kejahatan ini dan menjelaskan bahwa Islam menentang kekerasan, bukan bersyukur. Kedua, bekerja lebih keras menampilkan produktivitas sebagai seorang muslim sehingga tercermin konsep rahmatan lil ‘alamin nya.

Kita tahu bahwa setelah kejadian 11 September di Amerika, Islam begitu cepat pertumbuhannya, karena masyarakat Amerika penasaran dengan Islam dan mereka banyak membaca literatur. Rasa keingintahuan masyarakat Eropa tinggi akan kebenaran. Dan ini merupakan peluang dakwah yang sangat besar, menjelaskan Islam dan segalanya dengan lebih jelas. Semoga muslim Perancis khususnya diberikan kekuatan untuk bisa melewati cobaan yang tidak mudah ini, sehingga Islam semakin subur berkembang dan menjadi rahmatan lil ‘alamin.

Semoga akan segera terlihat hikmah dari “tragedi” ini.

Aamiin ……….

Jakarta, 9 Januari 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s