10 Tahun Tsunami

image

Hari ini 10 tahun yang lalu, musibah melanda Aceh Tsunami menerjang Banda Aceh. Salah satu bencana yanh paling besar melanda negeri ini.
Peringatan 10 tahun Tsunami dilaksanakan pada hari ini, di Banda Aceh. Menurut Jusuf Kalla korban tsunami ini hampir 200.000 orang. Banyak keluarga yang kehilangan anak, istri, suami bahkan satu keluarga menjadi korban. Tentu ini tidak mudah bagi warga Aceh menghadapi ini semua.

Tsunami, sangat berbeda dengan musibah gempa bumi korban banyak yang luka selain meninggal. Namun tsunami ini hampir semua korban yang terbawa hanyut dipastikan bisa meninggal dunia, kecuali ajal belum tiba.

10 tahun berlalu seperti baru kemarin saja. Terlebih video-video kejadian sekaranh sering menghiasi TV lagi. Ini membuat ingatan kembali tumbuh.

10 tahun Aceh sudah bisa bangkit dari trauma tsunami. Banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari kejadian ini. Terutama tentang persiapan menuju kematian. Kematian bisa kapan saja menjemput kita.

Melihat di TV tadi ada seorang ibu yang kehilangan suaminya. Bisa bangkit menghidupi kelima anaknya dengan usaha makanan khas Aceh dengan omzet yang mencapai 15-20 juta per bulan. Bahkan jika musim haji bisa mencapai 170 juta, karena menjadi bawaan jamaah haji.

Semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Bandung, 26 Desember 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s