Catper 5 Rakum, Menuju Ranu Kumbolo

image

Tiap langkah ada arahnya begitupun Kehidupan” – Adi Wisnugraha

Selangkah demi selangkah kami susuri lembah dan bukit secara bergantian, terkadang menarik nafas dulu untuk melanjutkan perjalanan.

image

Tidak sekedar perjalanan, kali ini TP goes To Rakum diikuti oleh beberapa pasangan suami istri bahkan ada yang membawa anak. Perjalanan normal dari Ranu Pani ke Ranu Kumbolo sekitar 4 jam perjalanan dengan melewati 4 pos pendakian.

image

Antara Ranu Pani dan pos 1 ada shelter Landengan Dowo. Antara pos 2 dan 3 ada shelter Watu Rejeng. Trek cenderung landai tidak ada tanjakan yang curam. Trek pos 3 ke pos 4 ada kurang lebih 100 meter tanjakan yang curam, namun selebihnya kembali landai. Menurut penduduk jalur ini melewati Tujuh bukit sehingga panjanh treknya.

image

Menarik nafas menjadi ritme perjalanan. Terkadang bila ada spot bagus berhenti dahulu untuk menjepret, padahal modus pengen istirahat saja. Menikmati perjalanan adalah sebuah keharusan biar menjadi lebih enjoy. Pikiran juga sangat mempengaruhi perjalanan ini, sehingga perlu mengatur ritme perjalanan.

image

Sudah lama tidak menikmati hutan tropis, bau tanah yang senantiasa membuat segar ingatan.

Bersama tim sweeper sebanyak 14 orang berusaha untuk tetap bersama. Ada beberapa anggota yang mulai tersendat perjalanannya. Namun kami tetap bersama, bahkan untuk istirahat tidak lebih dari 5 menit untuk melanjutkan perjalanan. Karena suhu udara mulai dingin, sehingga jika tidak bergerak akan terasa sangat dingin sekali.

image

Akhirnya menjelang magrib kami bisa melihat puncak Mahameru dengan diselimuti awan tipis dan warna oranye yang menawan. Ini merupakan pemandangan yang sungguh indah yang bisa mengobati rasa lelah kami.

Subhanallah

Menikmati sunset ini, sambil mempersiapkan senter, headlamp untuk melanjutkan perjalanan malam ini. Setelah siap melanjutkan perjalanan malam ini.

Menjelang pukul 21.00 kami tiba di pos 3, ada seorang anggota kram sehingga harus di tolong segera. Kondisi sudah mulai sangat dingin, sudah tidak ada canda ria lagi.

Disini ada anggota yang terkena hipotermia, sehingga perlu penanganan segera. Alhamdulillah ada beberapa yang membawa emergency blanket untuk penanganan hipotermia. Dengan segala peralatan yang ada kita bantu untuk membantu. Ada yang berusaha membuat perapian untuk coba menghangatkan.

Kontak radio dengan yang lain tidak bisa mungkin terhalang oleh bukit. Sehingga ada 2 orang yang bergerak ke arah Ranu Kumbolo untuk meminta bantuan. Karena anggota tim tidak ada yang membawa kompor untuk membuat minuman hangat.

Selama menunggu tim yang bergerak, kami membuat pos 3 menjadi basecamp sementara. Flysheet, ponco semua di tata untuk menghalangi angin masuk ke pos 3 untuk menghangatkan.

Akhirnya mendapatkan kabar bantuan akan segera naik, sehingga sebagian tim akan melanjutkan perjalanan ke Ranu Kumbolo. Enam orang malam itu melanjutkan perjalanan menuju Rakum dan Delapan orang di basecamp 3 bermalam.

Jakarta, 27 November 2014

Advertisements

4 thoughts on “Catper 5 Rakum, Menuju Ranu Kumbolo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s