Rizqi dan ikhtiar

image

Menyambung tulisan kemarin mengenai harta haram, ini terkait dengan rizqi dan ikhtiar kita. Masalah rizqi kita akan diminta pertanggungjawabannya terkait 2 hal, pertama bagaimana cara memperolehnya dan kedua bagaimana membelanjakan rizqi yang di dapat. Dan kita harus menyiapkan jawaban ini dihadapan Allah kelak.

Kita sudah tahu rizqi setiap manusia sudah ditentukan, Allah berjanji menjamin rizqimu. Jika kita melalaikan ketaatan kepada Allah hanya demi kekhawatiran terhadap rizqi yang Allah sudah jamin kepada manusia, ini merupakan kesalahan.

Mungkin kita tidak tahu di mana rizqi kita, Tapi rizqi kita sudah tahu di mana engkau. Rizqi dari langit, laut, gunung,  dan lembah Allah SWT memerintahkannya untuk menujumu.

Banyak orang lupa bahwa hakikat rizqi itu bukanlah yang tercatat dalam nomimal namun apa yang kita telah nikmati

Betapa banyak orang bekerja membanting tulangnya, memeras keringatnya demi nominal  simpanan gaji yang mungkin esok pagi ditinggalkannya mati.

Rizqi yang kita terima merupakan  “hak pakai” saja dari Allah SWT, jika digunakan secara halal maka akan mendapatkan pahala. Begitu pula sebaliknya jika dipergunakan di jalan haram akan mendapatkan azab dari Allah.

Kita bekerja untuk bersyukur, taat kepada aturan Allah dan berbagi manfaat dengan sesama. Namun kadang rizqi tidak selalu ada dalam pekerjaan kita, kadang datang dari tempat yang tidak disangka sangka. Bekerja itu merupakan bagian dari ibadah sedangkan rizqi itu merupakan urusan Allah.

Semoga catatan ini bisa memberikan sebuah pencerahan bagi kita semua dan diberikan kemudahan dalam menjalani aktivitas kita semua.

Selamat ikhtiar
Jakarta, 12 November 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s