Belajar Lagi

image

Mendengar dongeng dari Kang Feri Latif (Kontributor NGI) tentang proses membuat sebuah photo cerita.

Hari ini dongeng yang dibawakan mengenai Assignment di Tidore. Banyak sekali hikmah yang dapat di ambil dari cerita-cerita tentang penugasannya dari NGI.

Ada pertanyaan dari seorang peserta mengenai foto 3 orang yang mengunakan kain khas, kenapa kepalanya di babat habis. Karena yang ingin ditonjolkan adalah keindahan kainya khas itu bukan orangnya. Ide ini di ambil dari foto Maradona yang sedang berfoto dengan teman setim di klubnya, semua kepala pemain di potong abis, hanya maradona yang terlihat kepalanya utuh. Photo tim maradona kepotong karena badannya tinggi semua, sedangkan Maradona paling pendek jadi tidak kepotong. Ini mengindikasikan bahwa yang lain tidak penting. Maradonalah yang penting yang lain tidak.

Dengan begini setidaknya tiap hari harus nambah referensi foto, untuk menambah katalog foto di otak kita. Saat sekarang dapat dengan mudah melihat referensi asal ada kemauan yang kuat untuk menambah wawasan fotografi kita.

Jika ada momen bagus, harus coba di bikin 5 angle untuk keperluan layout media. Pertama, landscape, portret, dead centre, angle kanan dan angle kiri. Dengan membuat 5 versi itu foto mana yang akan terpakai oleh media akan lebih besar peluangnya.

Terima kasih kang Ferry atas ilmunya

Jakarta, 9 November 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s