Jakarta Street Hunting X

image

JASH X kembali digelar oleh FN untuk yang kesepuluh kalinya, artinya sudah 10 tahun tradisi JASH ini. Beberapa tahun terakhir bahkan serentak di berbagai kota di Indonesia bahkan di luar negeri melaksanakan Street Hunting ini.


Awal menyukai street hunting ketika pertama kali ikut event JASH jalur gambir ke Senen. Melihat hasil yang di posting sangat beragam sekali sesuai dengan minat dari toekangpoto itu sendiri.

Membaca tweet om arbain tadi pagi “@arbainrambey: Memotret adalah 2 komponen. Kemampuan “melihat” dan kemampuan teknis. Orang umumnya cuma belajar teknis, padahal “melihat” jauh lbh penting”

Menurut saya kegiatan street hunting ini mengasah kemampuan “melihat” seorang toekangpoto. Dengan stimulus yang begitu banyak menghampiri setiap toekangpoto, dan bagaimana menyeleksi stimulus menjadi sebuah karya. (Maaf bahasanya agak berat hehehehe inget masa kuliah).

image

Kemampuan melihat momen, simbol, dan sebagainya bisa diasah. Selain teknis dasar fotografi. Tidak bisa dipungkiri jam terbang seorang toekangpoto akan sangat berpengaruh, karena daftar pustaka foto di otak sudah banyak (pinjam istilah mas Endan Tonari jawara CPM 2014).

Perjalanan boleh sama, namun momen yang dapat direkam oleh masing-masing akan sangat berbeda. Walaupun kemungkinan duplikasi foto akan sangat mungkin. Namun pasti akan foto yang akan sangat berlainan sama sekali dengan yang lain.

Semoga catatan ringan ini bisa membawa manfaat bagi kita semua.

Selamat berkarya

Jakarta, 4 November 2014

Advertisements

2 thoughts on “Jakarta Street Hunting X

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s