Tidak sekedar seni

image

Kemarin mendapat undangan dari Bang Zaki dan Kak Dwi, untuk menyaksikan Gladi Resik pementasan Penghuni Kapal Selam produksi teater Kanvas yang ke 99.


Saya beberapa tahun yang lalu pernah terlibat dalam produksi sebuah pementasan. Tentunya banyak sekali suka duka dalam setiap produksinya. Menonton Teater Kanvas baru kali pertama ini. Usia Kanvas yang 27 tahun tentunya sudah banyak sekali makan asam garam dalam dunia teater Indonesia.

Wow

Kata itu meluncur dari saya ketika mendengarkan beberapa kesan dari para aktor setelah gladi resik. Ini bukan sekedar bermain teater, namun ada sesuatu yang berbeda Kanvas dengan teater lainnya di Indonesia.

image

“Saya pernah ikut teater lain, cuma hya di Kanvas ini yang selalu diingatkan sudah sholat atau belum” ….

Kembali ke pementasan kali ini, naskah di tulis 15 tahun yang lalu oleh Zak Surga Sutrada sekaligus pendiri Teater Kanvas ini bercerita realitas dalam penjara yang disembunyikan. Dialog dialog di bangun oleh tokoh a”penghuni kapal selam” itu mulai dari tukang es, perampok, politisi, ulama, dll ini sangat menguatkan antar tokoh.

image

Naskah 15 tahun yamg lalu, namun masih sangat konstektual dengan hari ini. Saya melihat ini sebagai bentuk kontribusi Teater Kanvas dalam menghidupkan dunia teater yang sudah jarang peminatnya ini. Terutama sekali yang secara spesifik membawa tema tema yang sangat kental dengan spirutualnya.

image

Bagi yang senang teater, hari ini sampai kamis silahkan untuk datang ke Gedung Kesenian Jakarta di bilangan pasar baru untuk menyaksikan pentas ini.

image

Selamat menyaksikan dan berproses.

Jakarta, 21 Oktober 2014

Eh…. baru sadar punya Presiden baru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s