Order Becak Lewat Facebook

Feb 20, 2:20am
Touchdown Stasiun Kereta Api Cirebon Prujakan, lumayan tepat waktu perjalanan hampir 9 jam dari Kediri menuju Cirebon. Kenapa turun Cirebon karena akan nengok anak yang sekolah di Kuningan, sekalian lewat sebelum pulang ke Jekardah. Sudah tidak ada kendaraan umum yang bisa membawa ke Terminal Harjamukti Cirebon. Satu-satunya alternatif adalah menggunakan becak ke Terminal untuk melanjutkan perjalanan ke Kuningan.

Beristirahat sejenak menghilangkan rasa penat sebelum melanjutkan perjalanan. Suasana di Stasiun lumayan sepi hanya ada bebrapa Satpam dan penjaga warung yang sedang nonton siaran langsung bola. Yang konon katanya sangat seru sekali malam itu pertandingannya. Tidak terlalu tertarik untuk ikut nimbrung Nobar, bagi saya merenggangkan badan sangat dibutuhkan. Setelah bertanya kemungkinan berapa ongkos becak ke terminal, akhirnya saya memutuskan untuk pergi saat itu juga biar subuh sudah sampai Pesantren.

Keluar Stasiun langsung ditawari untuk naik becak, walaupun terlihat sedang asyik makan. Saya biarkan menyelesaikan makannya dulu baru berangkat. Ternyata perjalanan antara Stasiun Prujakan sampai Terminal harjamukti membawa cerita tersendiri. Hawa dingin pagi itu seakan tidak terasa, karena Slamet Janxxxxx bapak penarik becak banyak cerita tentang kehidupannya. Diawali bahwa saya adalah penumpang pertama yang naik becaknya, sejak dari sore sampai dini hari tadi belum dapat penumpang katanya. Sangat antusias sekali bercerita tentang kehidupan terutama kegiatan sehari-hari narik becak.

“Nanti mas-nya pulang ke Cirebon hari apa?  Tanya Pak Slamet ……

“belum tentu mas, antara Jum’at atau Sabtu saya pulang ke Jakarta ” Jawab saya

“Nanti inbox saya aja mas kalo butuh becak lagi, add aja saya Slamet Januxxxxx kirim pesan aja, nanti saya jemput di terminal” kata pak Slamet

“Ok deh pak nanti saya kabari lagi kalau butuh becak” Jawab saya

Wow …… ternyata sekarang order becak saja sudah memanfaatkan teknologi, bahwa banyak pelanggannya anak sekolah  yang order lewat FB. Kegiatan pagi adalah tidur setelah semalam narik becak mangkal di Stasiun Prujakan. Siang hari jemput beberapa anak sekolah pelanggannya yang rutin. Istirahat sampai sore. Setelah itu lanjut mangkal di Stasiun sampai pagi.

Jakarta, 26 Feberuari 2014

Leave a Reply

