Man Shobaro Zafiro

syamil, husnul khotimah
Solusi bangsa

Akhirnya tiba juga waktu Syamil pergi merantau untuk melanjutkan ilmu di Pondok Pesantren Husnul Khotimah di daerah Kuningan Jawa Barat.

“Merantau” sesungguhnya tak bisa dipisahkan dari masyarakat Minangkabau. Asal usul kata “merantau” itu sendiri berasal dari bahasa dan budaya Minangkabau yaitu “rantau”. Rantau pada awalnya bermakna : wilayah wilayah yang berada di luar wilayah inti Minangkabau (tempat awal mula peradaban Minangkabau). Peradaban Minangkabau mengalami beberapa periode atau pasang surut. Wilayah inti itu disebut “darek” (darat) atau Luhak nan Tigo. Aktifitas orang orang dari wilayah inti ke wilayah luar disebut “marantau” atau pergi ke wilayah rantau. Lama kelamaan wilayah rantau pun jadi wilayah Minangkabau. Akhirnya wilayah rantau menjadi semakin jauh dan luas, bahkan di zaman modern sekarang ini wilayah rantau orang Minangkabau bisa disebut di seluruh dunia, walaupun wilayah tersebut tak akan mungkin masuk kategori wilayah Minangkabau namun tetap disebut “rantau”. Filosofi dan tujuan “merantau” orang Minang berbeda dengan imigrasi, urbanisasi, atau transmigrasi yang dilakukan kelompok lain. sumber di sini

Asrama Hunain 1 menjadi tempat tinggal syamil yang baru bersama dengan 23 teman baru dari berbagai wilayah Indonesia, yang terjauh dari Wamena (Papua) yang bernama Awang, ini teman yang terdekat tempat tidurnya syamil. Motto yang terapampang di depan Asrama Syamil adalah Man Shobaro Zafiro ( Siapa yang bersabar akan beruntung) semoga ini yang bisa menguatkan Syamil untuk berada di Pondok. Memasuki dunia baru yang sama sekali berbeda membutuhkan adaptasi yang lumayan tidak mudah. Di Pondok ini selain belajar tentang ilmu Agama dan sekolah ada yang lebih penting adalah proses belajar dalam menjalani kehidupan ini. Belajar dengan lingkungan baru, belajar mengenal teman dari berbagai wilayah Indonesia yang tentu sangat berbeda pengalaman hidupnya. Dan ini meruoakan proses pembelajaran yang panjang.

Jakarta 5 Juli 2013

 

 

 

 

 

 

 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s