Muhasabah

Di awal tahun seperti sekarang ini, banyak resolusi untuk kegiatan di tahun baru dan muhasabah semua kegiatan yang sudah dilakukan sepanjang tahun sebelumnya. Akhir tahun idntik denag. Muhasabah, namun sebaiknya muhasabah dapat dilakukan setiap hari menjelang tidur. Kita coba renungkan seharian kita sudah berbuat apa saja, sehingga mrnjadi bahan untuk melangkah di hati esok.
Kenapa muhasabah menjadi sangat penting, karena kita bisa mengukur seberapa besar kwalitas kita dihadapan Allah SWT, sebelum Allah hisab semua perbuatan kita, sebaiknya kita bisa menghisab semua amal kita. Momen menjelang tidur adalah waktu yang paling tepat untuk merenung dan bertobat.

“orang cerdas adalah orang yang ingat kematian, orang bodoh adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya” ungkapan ini bisa kita jafi inspirasi, sehingga muhasabah itu menjafi bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup kita. Karena ajal datang dapat datang kapan saja……

Ada 3 aspek untuk menjadi patokan muhasabah. Pertama adalah aspek ubudiyah, kedua pekerjaan dan ketiga adalah lingkungan. Ubudiyah terkait dengan masalah ibadah yang dilakukan kita sehari-hari. Apa sudah sesaui dengan aturan agama. Apalagi usia telah mencapai 40 tahun, langkah menuju kematian itu semakin dekat. Di usia ini harus sudah banyak beryukur, memperbNyak amal sholeh dan mempersiapkan keturunan yang kuat.

Dari segi pekerjaan kita harus evaluasi cara kita mendapatkan rejeki dan membelenjakan harta kita kemana saja. Ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan juga dari muhasabah. Dan terakhir sebagai mahluk sosial kita juga untuk bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar kita. Keberadaan kita akan menjadi manfaat bagi yang lain.

Jakarta, 6 januari 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s