Guru

Selama 3 hari di pekan kemarin, saya berkesempatan berinterkasi dengan 50 orang guru terbaik dari berbagai pelosok negeri ini. Banyak sekali pelajaran yang dapat saya petik dari silaturahim ini.

Sekarang ini bila ditanyakan kepada mahasiswa sangat jarang yang mempunyai keinginan menjadikan guru sebagai profesi yang akan digelulti di masa depan. Apa karena di nilai dari segi nominal yang akan diterima yang menjadi alasan tidak menariknya profesi guru. Dalam suatu FGD yang dilakukan oleh Indonesia Mengajar, dengan diberitahukan pendapatan yang akan di terima dan lain-lain. Ketika ditanyakan siapa yang akan mengajar ? Dari 30 orang peserta tidak ada satupun yang tunjuk tangan untuk mengajar.

Namun ketika diterangkan dengan pola yang berbeda, ada satu profesi yang mempunyai potensi amal sholeh yang sangat besar sekali. Pahala yang berlipat terus menerus jika menebarkan kenaikan. Potensi yang sungguhbluar biasa dari sebuah profesi. Dengan penjelasan seperti ini menjadi menarik sejumlah peserta FGD itu.

“siapa pemberi amanah kepada bapak ibu guru?” tanya Bapak Arif Rahman Hakim kepada para guru. Ada yang menjawab, kepala sekolah, kepala dinas dll…….. Salah jawaban bapak ibu semua, yang betul adalah amanah itu datang dari Allah SWT kepada ibu bapak. Karena nanti kita akan meertangungjawabkan itu semua dihadapan Allah SWT.

Selanjutnya saya bertemu dengan ibu Yayah Komariah Kepala Sekolah SDN Bantarjati 9 Bogor Utara Yang mengubah SDN yang Panas, Gersang, Kumuh dan miskin menjadi SDN yang Rindang Asri. Yang memanfaatkan potensi yang ads disekitar menjadi produktif. seperti air cucian beras ysng berguna untuk pembuatan pupuk, dikumpulkan tiap hari dari murid-murid. Dn yang mengagumkan prestasi SD itu sudah sampai tingkat Internasional. Sebelum melangkah ke hal yang besar selalu dimulai dari yang kecil. Hal ini sangat memberi inspirasi bagi guru SD dari berbegai pelosok negeri yang studi banding ke SDN Bantarjati 9.

Sungguh banyak sekali orang yang mempunyai prestasi seperti ini dinegeri ini. Semoga kita bisa berbuat yang terbaik untuk negeri ini.

Selamat membangun negeri buat teman-teman guru yang hebat dari pelosok negeri ini.

Jakarta, 12 Oktober 2012
Dudi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s