Tentang Keluarga

Keluarga adalah sebuah struktur terkecil dalam sebuah kemasyarakatan. Semua orang ingin hidup secara bahagia dalam kehidupan rumah tangganya. Namun kita perhatikan sangat jarang sekali orang tua yang mempersiapkan anak-anaknya untuk menjadi seorang ayah atau ibu.
Karena tidak ada sekolah khusus untuk menjadi ayah atau ibu.
Bila karir atau bisnis kita rontok, tentu kita akan secepat kilat untuk mencari gantinya. Sekarang pertanyaan, apakah kita akan secepat itu untuk memutar haluan untuk keluar dari keluarga. Pasti sangat sulit sekali.

Kita menikah kebanyakan dengan “terjun bebas” saja tanpa ada bekal ilmu tentang keluarga, pengasuhan anak, dll, padahal separuh waktu kita akan dihabiskan dengan pasangan dan anak-anak kita.

Hari kemarin saya seakan diingatkan kembali mengenai tugas seorang ayah untuk mempersiapkan kelak anak-anak saya mennjadi sesorang ayah dan ibu di kemudian hari. Tentunya selain dari ilmu yang diajarkan di sekolah. Toh nanti diakhirat yang akan ditanyakan pertanggungjawaban bukan guru disekolah, guru bimbel, guru ngaji atau yang lain, tapi kami sebagai orang tua yang aka dimintai pertangungjawaban kelak.

Menjadi seorang ayah memang tidak mudah, namun tetap kita harus berusaha untukz memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita. Terutama menyiapkan mental untuk bisa menjadi seorang ayah dan ibu yang baik.

Hal yang harus kita punyai adalah merumuskan tujuan oengasuhan anak kita akan di didik menjadi apa. sebagai seorang muslim tentu output yang kita inginkan adalah menjadi anak yang bertaqwa kepada Allah SWT. Dari sini langkah awal itu dimulai, kebanyakan dari kita juga tidak merumuskan ini.

Yuk kita mulai perbaiki diri dan keluarga untuk menuju oeradaban baru

Jakarta, 5 Agustus 2012
Di sudut kamar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s