Uni Upik

Pagi hari itu Uni Upik (60) terlihat sedang duduk di pinggir balai tempat jualan di Pasar Atas Bukit Tinggi Sumatera Barat. Ibu dari 2 orang anak ini sedang menunggu adiknya yang membawa kunci toko untuk berjualan. Sudah hampir lebih 20 tahun berjualan di daerah Pasar Atas ini, sekarang yang dilakoniny adalah berjualan Jilbab.

Hari masih pagi, toko dan warung kaki lima yang ada diseputar Pasar Atas masih belum banyak yang buka. Namun Uni Upik sudah mempersiapkan dagangnya semenjak pagi. Akhirnya kami terlibat obrolan di pagi hari itu,  sambil menunggu adiknya yang belum datang.

Kata orang tua dulu “Bangun pagi biar rejeki tidak di patok ayam” sepertinya ini yang menginspirasi Uni Upik dalam menjalankan usahanya. Sepagi mungkin sudah mempersiapkan dagangannya walaupun pasar mulai ramai pukul 09.00 pagi. Awal berjualan karena Ibu meninggal dunia sehingga meneruskan dagangan Ibu untuk bisa menghidupi keluarga.

Ketika ditanya mengenai berapa omzet yang diperolehnya per hari dalam berjualan, “alhamdulillah cukup untuk hidup” Sebuah pelajaran lagi pagi ini saya dapatkan. Salah satu tipekal yang saya sukai dari orang Bukit Tinggi itu adalah keramahtamahnya. Walaupun baru bertemu dengan beliau, seakan sudah pernah bertemu sebelumnya cerita sangat mengalir dengan lancar.

membuka toko

“sekarang memang tidak seperti dulu untuk jualan de” demikian paparnya karena persaingan makin banyak, namun ini harus disyukuri karena masih bisa untuk makan. Kondisi saya juga sehat masih bisa ikhtiar tidak seperti saudara saya ada yang sakit stroke sekarang tidak bisa ikhtiar. Yang penting saya masih bisa beribadah dan beramal sholeh.

Matanya sangat bersemangat sekali ketika bercerita tentang hidupnya selama ini, pengalaman hampir 2o tahun lebih berjualan seakan menjadi bekal yang cukup untuk menjalani kehidupan ini. Rasa optimis senantiasa mengalir dari kata-katanya, sehingga memicu saya untuk bisa mencontoh beliau dalam memandang hidup ini.

Jakarta, 22 Juli 2011

Oleh-oleh perjalanan ke Bukit tinggi

Advertisements

2 thoughts on “Uni Upik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s