Wagino, Sang Penjual Gangsing

Siapa yang tidak kenal Gangsing atau gasing,  sebuah permainan rakyat yang berkembang di Indonesia. Suatu pagi di hari Jumat di Malioboro, saya bertemu dengan Pak Wagino (50 th) yang sedang berjualan Gangsing di Malioboro. Permainan Gansing ini sudah tidak familiar di anak-anak sekarang yang lebih menganl PS atau permainan lain di komputernya.

Pak Wagino sudah 20 tahun membuat permainan gangsing dan menjualnnya. Berjualan gangsing sudah di beberapa kota di pulau Jawa ini. Hari Kamis beliau baru datang ke Jogja untuk berjaualan dan bermalam di Pelataran Kantor Walikota di Jalan Malioboro. Sampai dagangan habis baru pulang ke desanya untuk membuat lagi.

“Namanya jualan mas, bisa laku cepat atau lambat” demikian ucapnya ketika ditanya berapa lama habis dagangannya ini. Bisa habis dalam waktu 4 sampai 7 hari kerja.

Pak Wagino sudah sangat menguasai sekali pembuatan gangsing ini,hampir 20 tahun mengeleluti dunia ini. Dan sudah bisa menyekolahkan anak-anaknya.

Jogjakarta, 20 Maret 2011

Advertisements

2 thoughts on “Wagino, Sang Penjual Gangsing

    1. selama ngobrol, semangat untuk terus berkarya sangat terpancar sekali di wajahnya. Walau harus terpisah untuk sementara ketika berjualan dengan keluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s