Tentang Terompet

Tahun Baru seakan identik dengan kembang api dan terompet. Hampir setiap sudut kota di Bulan Desember dipenuhi dengan tukang terompet di pinggir jalan protoler.

Anak-anak saya bertanya “Kenapa sih ga boleh beli terompet?

Saya jawab “berisik, mending buat beli buku aja uangnya” Agak susah juga menerangkan mengenai hal ini kepada anak. Secara di lingkunan semua teman-temannya dengan bebas bermain terompet.

Bukanya tidak ingin membahagiakan anak dengan membeli terompet, namun ada sebuah hadist yang membuat saya takut “Siapa yang meniru suatu kaum maka dia termasuk dari mereka” (HR Abu Daud)

Kelihatannya masalah  ini sangat sepele, namun dari hadist tersebut diatas akan jadi sangat besar sekali pengaruhnya terhadap keimanan. Sejarah awal mulanya di tiup terompet ini untuk memeriahkan kehadiran Dewa Janus. Kebiasaan Suku Skyth pada setiap tanggal 31 Desember  Pukul 00.00 mereka keluar rumah dan meniup terompet.

Saya khawatir dengan meniup terompet di Tahun baru menjadi bagian dari Kaum Skyth itu. Semoga anak-anak nantinya bisa mengerti kenapa tidak diperbolehkan untuk membeli terompet di Akhir Tahun.

Jakarta, 3 Januari 2011

Dudi Iskandar

Advertisements

2 thoughts on “Tentang Terompet

  1. Sesungguhnya… kita yang belajar istiqomah ini terlihat semakin aneh dimata saudara2 kita yang mulai melenceng dari Al-Quran dan Hadist..

    Rasulullah mengajak kita berhijrah karena sesungguhnya Rasulullah mengajak kita meninggalkan kemaksiatan dan meninggalkan jaman kejahiliyahan.. itulah kenapa kita berhijrah..
    Tp yang terjadi saat ini, lebih banyak saudara muslim kita lebih memilih merayakan tahun pergantian tahun Masehi dengan penuh kesia2an bahkan bermaksiat..

    Semoga kita terhindar dari hal2 yang dapat menjerumuskan kita kedalam neraka jahanam

    Amin Allahuma Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s