Euforia Merah Putih

Beberapa hari belakangan ini memang terkesan dengan euforia merah putih dan lagu Garuda di dadaku. Saya yang bukan seorang Gibol (gila Bola) pun jadi merasakan suasana ini terutama setelah dipastikan Timnas masuk final dalam piala AFF.

Suasana menjelang final leg pertama di Stadium Bukit Djalil Malaysia memang seakan kemenangan sudah ditangan. Terlebih dalam penyisihan Timnas mengalahkan Malaysia dengan skor cukup telak 5-1.

Final leg pertama ini jalanan di Jakarta terlihat lenggang, masyarakat berkumpul di tempat Nonton bareng (Nobar) baik itu di cafe-cafe ataupun di kampung-kampung. Semangat mendukung timnas begitu terasa sekali dengan kostum kebanggaan Timnas.

Saya mendapatkan assignment liputan nonton bareng The Jak Mania bersama Bang Sani di kebon baru Tebet Jakarta Selatan. Nobar bersama Jak Mania ini serasa nonton live langsung di stadiun. Komplit dengan peralatan tabuhnya ala The Jak. Sampai turun minum suasana masih terlihat cukup ramai, terlebih dengan adanya gerobak-gerobak makanan yang disediakan oleh panitia untuk dapat dinikmati oleh para penonton. Sungguh ini pengalaman pertama Nobar bersama the Jak.

Bola memang bundar, selalu ada kejutan dalam setiap permainannya, Timnas ternyata di bantai di bukit Jalil 0-3 oleh Malaysia. Hampir semua penonton lesu, tidak ada teriakan dan tabuhan lagi, semua terdiam.

Hari ini saya membaca tulisan Bambang Pamungkas, apa yang terjadi setelah pertandingan itu. Ucapan sang pelatih kepada tim dikutip lengkap dari website BP “Sebuah kalimat keluar dari mulut Riedl saat itu, “Hey,, saya tidak ingin melihat kalian semua berjalan tertunduk saat keluar dari ruangan ini. Malam ini kita memang tidak bermain baik, akan tetapi perjuangan ini masih belum selesai dan kalian semua harus ingat itu..!!”..

Kalah dan menang dalam sebuah permainan menjadi keniscayaan, tidak semua menang dan tidak semua kalah. Kemenangan pasti menjadi harapan semua tim. Kita jangan larut dengan kekalah yang telah terjadi di BUkit Jalil, masih ada kesempatan 90 menit lagi di Gelora Bung Karno (GBK). Setiap menit akan menjadi berarti dalam setiap pertandingan sepak bola. Terlebih lagi dengan dukungan suppoter yang akan menyanyikan garuda di dadaku akan menambah semangat Timnas dalam bertanding dan akan menciutkan nyali pemain lawan.

Ayo Timnas maksimalkan ikhtiar, Insya Allah kami mendukungmu.

Indonesia masih bisa !!!!!! teriak BP dalam web-nya

Jakarta, 28 Desember 2010

Dudi Iskandar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s