Gaza Perkasa

Gaza sebuah penjara besar di dunia, sangat sulit sekali memasuki kota ini karena blokade Israel. Membayangkan Gaza, pasti tergambar suramnya kota karena puing-puing berserakan karena rudal-rudal dan kerusakan lainya.

Namun imajinasi ini salah besar, memang kerusakan akibat rudal-rudal Israel ada di kota ini, sisa-sisa peluru ada di tembol-tembok. Namun ada yang paling berharga dari kota ini sebuah optimis dari masyarakat kota ini seperti yang diungkapkan oleh Ismar dalam pengantar pembukaan pameran foto Gaza Perkasa “Dan tentu saja semua imajinasi saya keliru. Tidak banyak kerusakan dan penderitaan yang terlihat pasca agresi militer 2009. Sebaliknya, semangat untuk bangkit dan melanjutkan hidup terpancar kuat dari balik sosok-sosok yang terlihat dari dalam kendaraan yang mengangkut saya saat melintas dan berkunjung ke kota-kota di sepanjang Jalur Gaza.” Bayangan tentang kehancuran Gaza pupus dimata seorang Ismar Patrizki ketika berkesempatan menjejak di bumi Palestina.

Ismar Patrizki dalam pembukaan Pameran Foto Gaza Perkasa

Bunyi letusan senjata, rudal dan yang lainnya seolah-olah tidak ada di kehidupan mereka, rudal Israel tidak membuat gentar warga Gaza namun seakan memberi semangat. Semangat inilah yang diangkat oleh Ismar dalam bentuk foto-foto kehidupan warga Gaza.

Kurator Foto dalam pameran ini Oscar Matuloh menyatakan “Semangat yang selalu memelihara kelanjutan kehidupan cita-cita rakyat Palestina dalam koridor perjuangan pembebasan bangsa mereka dalam wujud negara merdeka. Kemerdekaan yang harus didukung dunia demi perdamaian yang abadi di seluruh pelataran bumi kita. Karenanya tak ada cakap lain, Palestina Merdeka harus terlahirkan di tanah air mereka. Di tanah Bunda mengandung.

Kurator Pamera Foto sedang membubuhkan tanda tangan

Pembukaan Pamera Foto ini juga bertepatan dengan hari Solidaritas Internasional untuk Palestina. Freedom Palestina

Jakarta, 29 November 2010

Advertisements

8 thoughts on “Gaza Perkasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s