Ngintilin James Natchwey

 

Sedang mengukur cahaya

 

I have been a witness, and these pictures are my testimony. The events I have recorded should not be forgotten and must not be repeated

-James Nachtwey-

Bila di tanya tentang “War Photography” jawabannya hanya ada satu James Natchwey, beliau mendokumentasikan ketika sedang mengerjakan Assignment-nya. Bagi saya karya-karya-nya sangat bercerita dan membuat kita serasa melihat peristiwa yang terjadi. Foto-fotonya sangat dalam membuat momen menjadi dapat di ingat oleh semua orang yang melihat.

Beliau lahir pada tahun 1948 di kota Syracuse, New York, James memulai profesinya sebagai sebagai fotografer profesional pada tahun 70-an di Amerika Serikat. Foto-foto Perang Vietnam adalah yang membuat inspirasi kepada James, untuk dapat menceritakan bagaimana ngerinya sebuah peperangan bagi korban dan ini mungkin tidak terpikirkan oleh para pemimpin yang berperang itu. Sehingga kenapa perang harus terjadi.

Alhamdulillah di Tahun 2009 secara tidak sengaja saya dapat bertemu langsung dengan beliau di acara Grebegan di Yogjakarta. Sontak saya langsung gembira bertemu dengan beliau, langsung konsentrasi hunting foto buyar. Saat itu saya sebisa mungkin dekat selalu dengan beliau melihat cara kerja ketika sedang melakukan peliputan.

Alat yang digunakan 1 body dengan 1 lensa wide angle plus lightmeter yang selalu di kantung bajunya. Sangat terlihat santai dalam mengambil setiap momen, masih sempat mengukur keadaan cahaya di sekitar ketika akan memencet shuter.

Banyak sekali pelajaran yang saya petik dari ngintilin Mr James ini, namun sayang saya ga bisa melihat hasil karya selama hunting di Jogja tersebut.

5 thoughts on “Ngintilin James Natchwey

  1. Wah kebetulan saya juga pernah ngambil bareng, bahkan ngobrol bareng dengan beliau saat ke Bali (GWK) dan Manado (Bunaken). Bahkan hunting bareng juga,,and tukeran kamera untuk saling foto…hehehe….asik tohhh

  2. sangat santai.., tidak seperti saya, gurubag gurubug…perlu belajar lebih banyak…, perlu jam terbang lebih lama….

Leave a Reply

