Cartolina dell’Italia

Peny Pujiati

Disela-sela hiruk pikuk-nya 20-10-2010 dengan isu demostrasi Setahun kepemimpinan SBY – Boediono. Ada acara pembukaan pameran foto “Cartolina dell’Italia” atau dalam bahasa Indonesia artinya Kartu Pos dari Italia. “Italia adalah mimpi saya” demikian ucap Peny Pujiati dalam pembukaan pameran fotonya. Peny bersama Sianny Widyasari mendapatkan beasiswa dari pemerintah Italia untuk belajar beberapa bulan di Negeri Pizza.

Ketertarikan kepada dunia fotografi, tidak disia-siakan perjalanan beberapa bulan disana di rekam dengan perasaan dan sensasi yang mereka rasakan ketika mengunjungi beberapa kota. Menurut Oscar Matulloh, foto-foto ini mengambarkan kejujuran  fotografer dalam mengambarkan Italia demikian dalam kata sambutan dalam pembukaan pameran foto. Sungguh sangat beruntung bisa mengerjakan dua proyek sekaligus. Foto-foto ini bisa mengambarkan secara gamblang mengenai Italia, baik itu pemandangan, bangunan dan kehidupan manusianya.

Saya sendiri bisa merasakan bagaimana Italia di foto-foto yang disajikan dalam Pameran kali ini. Terutama sekali foto-foto yang berkaitan dengan Human Interest-nya sangat terasa terlebih disajikan dalam format Black anda White sehingga menambahkan kesan yang mendalam.

Yang menarik di sini juga adalah tema Kartu Pos Dari Italia. Di Zaman yang serba digital ini ternyata Kartu Pos masih bisa bertahan ada. Saya ingat sekali sewaktu masih kuliah ketika pergi ke suatu wilayah tertentu yang saya cari pertama toko buku untuk mendapatkan kartu pos dan mengirimkan ke rumah dan beberapa sahabat. Sekarang tinggal pencet tombol foto sudah dapat terkirim dalam hitungan detik ke relasi kita.

Menikmati Foto

Menjadi menarik apakah budaya kartu pos ini masih bisa bertahan di Negeri ini, sementara era digital sudah demikian mengakar dalam kehidupan sebagian masyarakat kita.

Sementara Indonesia sangat kaya sekali dengan ragam budaya dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Tiap provinsi menyajikan sesuatu hal yang sangat berbeda dari yang lain.

Saya berharap sekali foto-foto tentang keindahan Indonesia ini bisa membawa dampak yang baik bagi negeri ini. Misalnya dengan meningkatnya pariwisata. Wisatawan dapat mengenal lebih baik lagi mengenai negeri tercinta kita ini.

Jakarta, 20-10-2010

Dudi Iskandar

 

Advertisements

2 thoughts on “Cartolina dell’Italia

    1. Betul sekali Kartu Pos sekarang tergerus jaman, sudah jarang sekali saya menerima kartu pos dari teman. Saya sendiri juga sudah nga pernah cari toko buku ketika ke daerah baru.

      mari kita tumbuhkan lagi kartu pos di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s