Belajar tentang Kematian

Oleh Dudi Iskandar

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS 3 : 185)

Kullu Nafsin dzaaiqotul maut … semua yang berjiwa akan merasakan mati demikian pembukaan ayat 185 dari surat Ali Imran. Mati menjadi keniscayaan bagi kita semua. Dan sesungguhnya tiap detik yang kita lalui ini menuju kematian itu. Tentunya kita berharap dapat meninggal dengan Khusnul Khotimah. Namun kita sering lupa dengan persiapan menghadapi kematian. Padahal tiap hari kita semakin mendekati hari kematian yang telah Allah tentukan.

Menjemput kematian itu ditentukan oleh tiap detik yang kita lalui, banyak kita temukan contoh dalam kehidupan sehari-hari, ada orang meninggal sedang berbuat zinah di hotel atau tempat-tempat lainnya. Mungkin hidup mereka dipenuhi dengan maksiat … naudzubillah

Di sisi lain kita melihat juga orang shaleh meninggal dalam keadaan beribadah kepada Allah SWT, tentunya hari-hari mereka dilalui dengan ketaatan kepada Allah. Secara jelas sebenarnya kita sudah menentukan jalan kematian kita secara tidak sadar.

Bila aktivitas sehari-hari kita diisi dengan ketaatan kepada Allah, Insya Allah kematian kita akan khusnul khotimah. Jumlah Hari yang kita lalui di dunia ini sebenarnya hanya 3 hari saja, yang pertama adalah HARI KEMARIN, dan ini tidak akan pernah terulang kembali, semoga hari kemarin kita isi dengan aktivitas amal sholeh yang akan memberatkan timbangan kita di yaumil akhir nanti. yang kedua HARI ESOK, di sini ada rencana dan amal sholeh, bagaimana akan kita isi hari-hari kita dengan amal sholeh. Dan yang terakhir adalah HARI INI, adalah berbicara tentang kerja dan perbuatan seperti Allah gambarkan di Surat At Taubah ayat 105 “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan

Semoga kita bisa belajar lebih baik lagi mengenai kematian ini, sehingga kita dapat mempersiapkan kematian ini. Karena kematian bisa datang kapan saja tanpa pemberitahuan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s